Tata Cara Puasa Mutih

Tata cara puasa mutih yang benar adalah mengikuti amalan dari keilmuan yang sedang dipelajari, karena puasa mutih 3 hari maupun cara puasa mutih 7 hari 7 malam umumnya merupakan ritual untuk melengkapi ilmu kejawen yang sedang diamalkan. Dalam melakoni puasa mutih ini diwajibkan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna putih yaitu tanpa ada rasa manis, asin, dan tambahan bumbu masakan lainnya.

Manfaat puasa mutih sendiri dikatakan dapat membersihkan diri dari segala hal yang mengotori jiwa. Untuk menjalani puasa mutih ini harus membaca niat yang sudah ditentukan, biasanya orang kalau akan puasa mutih membaca niat berikut:

niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged, putih kaya bocah mentas lahirdipun ijabahi gusti allah.

Sambil membaca mantra niat diatas maka diharuskan mandi keramas atau mandi besar untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada tubuh. Selama menjalankan puasa mutih maka hanya diperbolehkan makan nasi putih dan air putih saja tanpa adanya tambahan rasa manis, asin, dll.

Lama waktu puasa mutih tergantung dari persyaratan yang diwajibkan dalam suatu keilmuan, kadang puasa mutih dilakukan selama 7 hari berturut-turut, namun ada pula yang menjalankan puasa mutih selama 3 hari.

Lebih lengkap silakan lihat sumbernya: tersakti.com

No comments:

Post a Comment